Makanan Sehat

Manfaat Makanan Sehat

Dalam menciptakan generasi sehat yang mempunyai kualitas terbaik, makanan sehat menjadi poin penting yang harus menjadi perhatian setiap manusia. Dengan konsumsi makanan sehat diharapkan dapat menciptakan manusia  yang berkualitas  dan produktif.   Dalam memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh, makanan tidak selalu harus mahal karena esensi makanan sehat tidak bisa dinilai dari mahal tidaknya makanan yang dikonsumsi.     Sejatinya makanan yang layak dikonsumsi manusia adalah makanan yang mampu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh serta umumnya justru terbuat dari bahan makanan alami dan tidak tercampur bahan kimia atau diproses secara kimiawi.                                                                                                                                            Kebutuhan tubuh sendiri biasanya meliputi empat sehat lima sempurna yang meliputi : karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Jika manusia telah mendapatkan kandungan gizi tersebut, mereka bisa disebut telah mendapatkan makanan sehat.         Jika manusia kekurangan makanan sehat, beberapa kejadian mungkin dapat terjadi, diawali dengan penyakit kekurangan gizi hingga berdampak pada menurunnya kualitas hidup. Ketika tubuh manusia tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup padahal mereka telah bekerja keras dalam melakukan aktivitasnya, hal ini dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga biasanya gampang terserang penyakit. Bila tubuh sakit, hal yang harus diperhatikan adalah makan makanan bergizi serta beristirahat dengan cukup untuk mengembalikan stamina tubuh.

Akibat kekurangan asupan gizi pada makanan yang dikonsumsi, anatra lain                        * Pada usia anak terjadi penurunan daya ingat (intelegensia) . Pada umumnya anak menjadi malas dan sulit berkonsentrasi pada saat belajar atau beraktivitas lainnya.      Akibat lain yang dapat terjadi yaitu prestasi belajar anak menurun karena makanan bergizi sangat berpengaruhi pada tingkat kecerdasan otak dan hilangnya semangat dalam melakukan kegiatan fisik.                                                                                                         * Pada usia dewasa dapat menyebabkan keletihan atau tubuh cepat lelah dan menurunnya konsentrasi dalam bekerja dan dapat berdampak hilangnya kepercayaan diri maupun sulit berinteraksi ketika melakukan suatu pekerjaan.

Untuk mencegah dampak kekurangan gizi akibat asupan makanan tidak sehat adalah dengan menjadikan Makanan Sehat sebagai makanan sehari-hari Anda atau merubah pola makan sembarangan sehari-hari Anda dengan Pola Makan Sehat.                           Beberapa bahan makanan sehat terkadang rasanya tidak selezat makanan olahan yang banyak mengandung bahan kimia. Hal inilah yang membuat banyak orang lebih menyukai makanan-makanan siap saji atau fast food yang pada umumnya dikemas dengan bahan-bahan pengawet (bahan kimia), dari pada mengkonsumsi makanan sehat. Sejatinya Anda dapat mengolah makanan sehat alami dengan membuat menu-menu kreatif yang menggiurkan dan membangkitkan selera makan terutama untuk anak-anak Anda. Saat ini banyak resep dari para ahli kesehatan gizi yang membagikan trik untuk membuat menu makanan sehat sehingga memungkinkan Anda untuk membuatnya bagi keluarga tercinta di rumah.                                                                                           Meskipun Anda memahami tubuh membutuhkan asupan gizi, pastikan Anda memberinya dengan cukup, jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebih tentunya juga tidak baik, terlebih bagi orang yang mungkin memiliki riwayat khusus. Sebagai contoh, seseorang dengan riwayat kolesterol tinggi sebaiknya berhati-hati atau tidak mengkonsumsi  bahan makanan hewani ( telur atau daging) untuk kebutuhan protein yang dapat  memperparah kondisi kesehatannya.  Mendapatkan  asupan gizi yang sesuai  kebutuhan memberi manfaat  tumbuh kembang tubuh yang baik dan sehat pada anak-anak serta kebugaran dan  vitalitas fisik yang baik bagi orang dewasa juga berdampak terhindar dari berbagai penyakit.                                                                                                                                        Untuk itu mengkonsumsi makanan sehat adalah mutlak dibutuhkan oleh semua individu.

Makanan Sehat Untuk Balita

Sebagian penyebab dari berbagai penyakit adalah kelebihan atau kekurangan gizi. Makanan sehat di masa balita cenderung menurunkan perkembangan penyakit kardiovaskuler, diabetes, dan kanker. Sekalipun keturunan adalah faktor resiko, anak-anak yang belajar mengkonsumsi makanan sehat sejak dini cenderung lebih baik kesehatannya..                                                                                                                                   Makanan rendah lemak sejak dini dapat menurunkan frekuensi kejadian penyakit kardiovaskuler dan serangan jantung ketika dewasa.                                                   Menurut penelitian, plak yang menyebabkan aterosklerosis, atau pengapuran dinding pembuluh arteri, mulai terbentuk pada masa balita.                                                          Makanan rendah lemak juga mengurangi resiko obesitas, diabetes, dan penyakit-penyakit lain. Kelebihan berat badan mungkin merupakan faktor resiko terpenting dari penyakit diabetes . Frekuensi terjadinya diabetes  nyatanya semakin meningkat diantara populasi anak yang kelebihan berat badan. Makanan rendah lemak dapat membantu anak mempertahankan berat badan yang sesuai dengan usianya.                                       Banyak ahli menganjurkan supaya anak berusia 2 tahun keatas mengkonsumsi makanan yang 30% kalorinya dari lemak, dan maksimal 10% kalori datang dari lemak jenuh.

Perubahan Pola Makan anak adalah hal yang biasa. Sebagai orang tua pastikan anda menyediakan makanan sehat untuk anak-anak Anda.                                                  Sepanjang usia balita, selera dan kebiasaan makan terus berubah-ubah. Setelah ulang tahun pertama, pertumbuhan melambat dan selera makan pun cenderung turun. Gabungan antara perubahan-perubahan ini dengan kemampuan kognitif dan keterampilan motorik yang maju pesat, mengakibatkan asupan makanan pun berubah-ubah.    Anak-anak seringkali lebih senang bermain ketimbang makan. Mereka mendemonstrasikan kemampuan berbahasa dan motorik dengan penuh semangat, tetapi pada jam makan perhatian mereka mudah beralih. Jumlah makanan yang dikonsumsi dari hari ke hari dapat berubah dari banyak menjadi sedikit. Hal ini adalah hal yang normal. Kesukaan terhadap makanan bervariasi bagi masing-masing anak, bahkan dari hari ke hari. Anak mungkin meminta makanan favoritnya dihidangkan setiap hari sepanjang minggu tetapi kemudian ditolaknya sama sekali pada minggu berikutnya. Walaupun membuat frustrasi, perubahan kesukaan ini adalah hal normal.  Namun demikian, anak-anak belum mampu memilih sendiri makanan yang bergizi seimbang kecuali dihidangkan kepada mereka.                                                                                          Nutrisi yang tepat bagi anak anda sangat penting untuk saat ini dan masa depannya. Nutrisi pada usia balita dapat mempengaruhi perkembangan fisik dan intelektual anak. Kebiasaan makan yang dibangun sejak sekarang akan menetap seumur hidup, dan ada kemungkinan membantu mencegah penyakit tertentu di kemudian hari. Sepanjang usia balita, orangtua mempunyai kesempatan unik untuk mempengaruhi pemilihan makanan dan membantu membangun kebiasaan makan yang sehat.

Dalam periode kehidupan yang ditandai dengan banyaknya perubahan, anak-anak rawan kekurangan gizi karena makanan mereka terlalu beragam. Banyak orangtua memilih susu sapi sebagai makanan tambahan untuk anaknya. Akan tetapi, beberapa penelitian terbaru menyatakan bahwa susu sapi tidak memberikan gizi seimbang seperti yang dibutuhkan balita.

Makanan Sehat Ibu Hamil Muda / Tua

Makanan Ibu Hamil yang sehat saat hamil muda atau tua; saat-saat masa kehamilan merupakan hal terpenting untuk diperhatikan, Mengongtrol konsumsi makanan dan tidak sembarangan adalah suatu kewajiban demi menjaga kesehatan janin / jabang bayi dan ibu itu sendiri yang sedang hamil. Menentukan dan memilih makana  yang mempunyai kandungan gizi yang baik mempunyai pengaruh terhadap tumbuh kembang bayi kelak.        Terkadang wanita pada hamil pertama masih banyak yang belum mengetahui makanan ibu hamil, atau sudah mengetahuinya tetapi terkadang menganggap sepele saran makanan sehat itu. Dan masa terpenting saat hamil muda adalah masa yang sangat sensitif pada janin, jadi Makanan Sehat Ibu Hamil Muda harus diperhatikan dengan baik. Di bawah ini akan dicantumkan daftar makanan ibu hamil, dan tips makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil.

MAKANAN IBU HAMIL                                                                                                         

Mempunyai bayi yang sehat dan normal adalah keinginan semua orang tua, jadi perlu diperhatikan benar-benar dalam hal mengkonsumsi makanan yang bergizi; untuk itu makanan apa saja yang baik buat wanita yang sedang hamil, berikut panduan dalam memilih makanan Ibu hamil yang sehat:

1. Konsumsi Makanan yang Berkarbohidrat.                                                                   Karbohidrat adalah sumber utama kalori buat ibu (wanita) yg sedang hamil dan janin. Makanan yang mempunyai nilai karbohidrat baik seperti berasal dari Nasi, Roti, Sereal, Kentang, dan lain lain.                                                                                                            2. Konsumsi Makanan yang berprotein tinggi.                                                                      Makanan yang mengandung protein tinggi antara lain Telur, Ikan, Kacang, Daging & Susu. Mengapa ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mempunyai protein tinggi dikarenakan protein ini berguna untuk membentuk jaringan baru untuk janin.                      3. Makanan yang kaya akan kalsium.                                                                                    Dalam hal ini kalsium berguna dalam pembentukan tulang pada janin, jadi bila menginginkan tulang yang sehat dan kuat konsumsilah makanan yang kaya dengan kalsium antara lain bisa di dapat dari Susu, Keju, Yoghurt,Ikan teri, dan lain-lain.                4. Konsumsi makanan mempunyai mengandung vitamin dan mineral.                         Dalam hal ini sayuran dan buah2an yang mempunyai kandungan vitamin dan mineral. Makanan jenis sayuran dan buah2an ini juga kaya akan serat yang mempunyai peranan bisa mengatasi konstipasi saat-saat waktu kehamilan.

MENU MAKANAN SEHAT IBU HAMIL

Agar memudahkan buat para ibu hamil dalam menentukan makanan, berikut ini daftar menu makanan ibu hamil setiap harinya:                                                                      *Makanan waktu sarapan pagi : susu ibu hamil, nasi, telur, tempe goreng, tumis kacang panjang.                                                                                                                       *Makanan waktu selingan pagi (sekitar pukul : 10.00 WIB) : satu mangkok bubur kacang hijau atau dua keping biscuit crakelmeal.                                                                   *Makanan waktu siang hari : nasi, ikan bakar, sayur asam, tahu, jus mangga.                      * Makanan waktu selingan sore hari (sekitar pukul : 16.00 WIB) : kolak pisang campur labu kuning.                                                                                                                                *Makanan waktu malam : nasi, empal daging, tempe bacem, orak-arik wortel plus kubis plus toge, papaya.

Dan tips penting tambahan untuk ibu hamil:

* Sebaiknya makanan itu dimasak dulu supaya tidak ada bakteri didalamnya.                       * Perbanyak minum air putih.                                                                                                  * Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi .                                            * Hindari minuman yang beralkohol karena sangat berbahaya buat janin dan ibu hamil itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>